Bandara Haji Muhamad Sidik,Di Resmikan Wapres KH. Ma ruf Ami

oleh -41 views


Barito Utara Jurnal88.co.id Pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah dalam rangka mengimplementasikan NKRI, tidak hanya diwujudkan dalam bentuk untuk kesatuan politik sebagai satu negara dan satu bangsa tetapi juga kesatuan dalam arti geografis, yaitu agar seluruh wilayah RI itu bisa terkoneksi dan terakses seluruhnya hingga merupakan satu kesatuan konektivitas dan juga komunikasi antar daerah bisa terbangun dengan baik sebagai satu kesatuan. Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma ruf Amin saat meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik yang berada di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, Selasa (30/3/2021).

“Saya harapkan dalam arti kesatuan ekonomi agar seluruh masyarakat Indonesia dimanapun berada bisa terbangun ekonominya melalui infrastruktur. Oleh karena itu, infrastuktur itu menjadi salah satu program Prioritas Nasional. Melalui infrastruktur itulah kita ingin membangun baik itu infrastruktur Darat, Laut, Udara, maupun Langit,” ucapnya.

Wapres menjelaskan bahwa salah satu pembangunan infrastruktur yang dibangun adalah Bandara. Bandara bertujuan untuk mempersatukan Indonesia melaui konektivitas antar provinsi, antar kabupaten dan juga antar kota di seluruh indonesia.

Pembangunan Bandara Haji Muhamad Sidik ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah dalam meningkatkan konektivitas udara. Pengadaan Bandara ini juga sejalan dengan pengadaan pembangunan lumbung pangan / food estate di Provinsi Kalimantan Tengah, yang juga menjadi program Prioritas Nasional.

“Bandara Haji Muhamad Sidik ini juga dibangun dengan mengusung kearifan lokal. Bandara dibangun dengan bentuk rumah Adat Betang serta ornamen motif ulur khas Kalteng yang tentunya juga akan menambah kebanggaan masyarakat Kalteng akan keberadaan Bandara ini,” jelasnya.

“Saya berharap Bandara Haji Muhamad Sidik dapat dikelola dengan baik hingga mampu memberikan kontribusi positif dalam mendukung pergerakan ekonomi Industri Wisata serta pertambangan Batubara dan Emas di Kalteng dan juga Sawit agar bisa dikembangkan,” sambung Wapres.

Wapres juga berharap kerja sama dengan maskapai penerbangan dapat terjalin dengan baik. Demikian juga dengan layanan kargo hingga komoditas produk yang dihasilkan dari Kabupaten Barito Utara dapat didistribusikan ke berbagai wilayah.

Pada akhir sambutan Wapres juga memberikan apresiasi yang besar kepada Menteri Perhubungan, Pemprov Kalteng, dan Pemkab Barito Utara atas dukungan dan perhatiannya pada Bandar Udara Haji Muhamad Sidik.

Sementara itu, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran Bandara Haji Muhamad Sidik akan mendorong munculnya titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Kalteng pada umumnya, dan di Kabupaten Barito Utara khususnya.
( red Jurnal )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *