BANGUNAN DRAINASE PRIMER JALAN SOEKARNO BERNILAI PULUHAN MILIYAR, DIDUGA PEMELIHARAAN DI ABAIKAN DINAS TERKAIT

oleh -491 views

PALANGKA RAYA.(jurnal88)

Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah, sudah berapa bulan ini diguyur hujan, khususnya kota Palangka Raya, sedangkan program pemerintah baik yang bersumber dari APBD maupun APBN terus membangun sejumlah Pengairan dan saluran Drainase dalam kota, untuk menghindar terjadinya banjir, akibat tingginya curah hujan.

Akan tetapi bangunan saluran drainase maupun saluran primer yang sudah terbangun dengan nilai puluhan miliyar tersebut, terkait dengan Pemeliharaan rutin kesannya masih terabaikan, padahal anggaran untuk pemeliharaan setiap tahunnya di kucurkan namun kenyataan di lapangan bangunan yang dibangun setiap tahunnya hingga selesai terbangun, Pemeliharaan terkesan di abaikan.

Seperti di ruas jalan Soekarno dari bundaran burung hingga tembus jalan G. Obos tampak rumput pada saluran air tersebut tumbuh dengan subur, sehingga sampah dari saluran pemukiman tidak mampu masuk di karenakan tumpukan sampah dan rumput yang tumbuh tersebut.

Hal ini sangat di sayangkan karena bangunan yang dibangun tersebut menggunakan uang rakyat dan harus memiliki nilai azas manfaat bagi masyarakat.

Semenjak di bangunnya Pengaringan/Saluran drainase Primer dan jalan lingkar depan komplek perkantoran Pemko Palangka Raya, sangat di sambut masyarakat, namun setelah selesai dengan jalan yang beraspal mulus dan bangunan drainase primer tersebut, hingga dibangunnya tempat duduk di pinggir bangunan jalan yang sudah di pasang paving untuk penjalan kaki sepanjang jalan.

Agar kesannya cukup menarik dan indah, namun setelah itu ternyata bangunan saluran drainase primer tersebut semakin bulan, semakin tahun kurang adanya pemeliharaan, sehingga jalan pada samping kiri dan kanan saluran drainase yang di pasang paving untuk pejalan kaki tersebut sudah banyak di tutupi rumput hingga sebagian paving yang di pasang sudah ada alami kerusakan dikarenakan kurangnya pemeliharaan dari dinas terkait.

Dan ini yang menjadi pertanyaan publik, siapa yang bertanggung jawab terkait dengan pemeliharaan aset pemerintah tersebut, menurut info yang di gali awak media jurnal88 di lapangan hari Sabtu 26/12/2020, bahwa bangunan saluran drainase primer jalan Soekarno saat ini di tangani oleh dinas terkait Pemko Palangkara Raya, untuk memelihara Pengaringan tersebut, ucap salah satu warga yang enggan menyebutkan namanya

(AR-88/Mulyadi Basuni/Oncong/M.Noor/Bombom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.