DALAM SIDANG (BE) DI VONIS HUKUMAN SATU TAHUN ENAM BULAN OLEH KETUA HAKIM PN PALANGKA RAYA

oleh -347 views

Palangka raya, JURNAL88.co.id -Dalam sidang putusan kepada Bachtiar Effendi, hakim ketua membacakan berita acara putusan terkait perkara penggelapan uang sebesar 186.483.100 dalam dakwaan tersebut terkait perkara ini bermula pada tanggal 24 Juli 2018 saksi Aulia Suristiwa menghubungi terdakwa Bachtiar Effendi (BE) melalui aplikasi WhatsApp. Saat itu menyampaikan akan menitipkan Cek Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah senilai Rp 186.483.100 untuk diserahkan kepada saksi Martiasi Gawei.

Selanjutnya terdakwa Bachtiar Effendi mengatakan boleh dan meminta agar Cek-nya diantarkan ke Jalan Murai ke Kantor Formad. Kemudian Yohanes selaku suami saksi Aulia Suristiwa pada hari itu juga mengantarkan Cek tersebut kepada terdakwa.

Setelah menerima cek tersebut ternyata cek tersebut tidak diserahkan kepada Martiasi Gawei. Namun, malah melakukan penerbitan atau penarikan cek tersebut pada tanggal 2 Agustus 2018 dengan nomor CBK 648171 dengan nilai Rp.186.483.100. Itu atas nama Heksa Basewut di kantor PT. Bank Pembangunan Daerah Kalteng di Jalan RTA Milono.

Mengetahui hal tersebut, saksi Martiasi Gawei sudah berulang kali menghubungi dan menanyakan kepada terdakwa mengenai cek yang telah dicairkan oleh terdakwa tersebut. Namun terdakwa selalu mengatakan ‘nanti ada waktunya akan saya kembalikan’. Setelah menunggu lama tidak kunjung dikembalikan, lalu Martiasi melaporkan hal tersebut ke Polda Kalteng untuk perkara atas penggelapan uang yang di lakukan ( BE ) terhadap saksi Martiasi Gawai dengan mengambil hak atas hasil jerih payahnya dalam suatu pekerjaan Martiasi juga berharap agar perkara ini bisa berjalan sesuai atas perbuatannya yang sudah merugikan seseorang dengan memakai uang atau hak orang lain tanpa ada sepengetahuan orang, atas kepemilikan uang tersebut.

Senin 6,9,2021 di pengadilan negri palangka raya, hakim ketua memberikan vonis atas perbuatannya ke pada terdakwa (BE) dengan vonis satu tahun enam bulan kurungan atas berbuatannya dengan penggelapan uang milik Martiasi Gawei dengan nilai 186.483.100 yang sudah di gunakan terdakwa dalam beberapa waktu lalu
( Red Jurnal88 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *