DIDUGA LIMBAH PENGOLAHAN TAHU ” HOME INDUSTRY DI PERTANYAKAN DAN MUNCULKAN BAU TAK SEDAP

oleh -165 views

PALANGKA RAYA.(jurnal88)

Banyak usaha pengolahan tahu berskala kecil dan menengah berupa home Industry di kota Palangka Raya, yang sebagian sudah mengantongi ijin dari dinas terkait, Namun ijin yang di berikan oleh pemerintah kota Palangka Raya melalui dinas terkait, di nilai masih kurang sempurna, di karenakan pabrik tahu tersebut masih belum bisa menjaga kebersihan dan sehingga masih ada home industry tidak memperhatikan Limbah itu sendiri.

Pada umumnya usaha pengolahan tahu yang berbahan kedelai itu biasanya belum ditopang dengan dokumen perzinan yang memadai, yaitu apakah izin gangguan (HO) maupun izin usaha lainnya.

Dari hasil pemantauan tim awak media jurnal88 di kota Palangka Raya, masih banyak Pengelolaan Pabrik tahu tidak mengacu kepada kebersihan, bahkan pembuangan hasil produksi kurang jelas limbahnya, karena ketika hujan turun bau limbah cukup menyengat, sehingga sangat mengganggu pengguna jalan maupun warga pemukiman yang tinggal pada daerah tersebut.

Dan Instansi teknis terkait yang mestinya sebelum memberikan ijin pengolahan tahu bisa melakukan pembinaan dan pendampingan teknis agar tidak memunculkan dampak negatif. Bagi warga sekitar yang Terutama menyangkut dengan penanganan limbah produksi,

Memang usaha pengolahan tahu sudah mengantongi ijin dari dinas terkait, akan tetapi hasilnya kurang menjaga kebersihan dalam produksi tahu yang berbahan kedelai basah tersebut.

Seperti yang terjadi dari hasil Pantauan awak media di jalan Soekarno ada terlihat salah satu pengelolaan Pabrik tahu atau ” Home Industry ” Yang tidak jauh dari poros jalan, tampak kondisi Pabrik tersebut, tidak mengacu dengan kebersihan dan limbah hasil produksi di pertanyakan pembuangannya, karena hasil limbah tersebut aromanya masih menyengat pernapasan.(Tim, Yadi Oncong/M.oor/Gusti.F)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *