GERDAYAK KALTENG INGIN WUJUDKAN PROGRESIF; PETANI DI PALANGKA RAYA

oleh -59 views

Kalteng Jurnal88.co.id -Dewan pimpinan Pusat Gerdayak Provinsi Kalimantan melaksanakan kegiatan silaturahmi kumpul bersama jajaranya untuk mematangkan program Gerdayak dalam membentuk Perkampungan Pertanian Gerdayak dan sekaligus acara penyerahan Dokumen Tanah kelompok Tani tunas Borneo Batuah dari pimpinan kelompok tani Teras Bangkan kepada Ketua umum Gerdayak Drs Yansen Binti di bilangan jalan Tjilik Riwut kilometer 15 Kota Palangka Raya Minggu 18/04/2021.

Setelah acara penyerahan Peta bidang Kelompok tani binaan Gerdayak Awak media liputan Sbm sempat berbincang dengan Ketua umum Gerdayak Kalteng Drs Yansen Binti tentang Kelompok Tani yang berada di bawah binaan Organisasi Pemuda Dayak tersebut.

Yansen menjelaskan bahwa kelompok tani ini bertujuan membuat perkampungan pertanian Gerdayak dan juga ikut mensukseskan program ketahanan pangan yang selama ini menjadi program nasional.

“Perkampungan pertanian gerdayak ini adalah program dari organisasi dibulan ini, agar selama bulan ramadhan ini anggota tetap bisa menjalankan aktivitasnya di organisasi dengan melakukan kegiatan membuat perkampungan pertanian di kilometer 19 jalan Tjilik Riwut, dan yang memimpin program ini adalah Teras Bangkan dan pertanian ini akan kita buat seperti agroforestry”, ujarnya lagi.

Ketua gerdayak ini juga mengatakan bahwa akhir ramadhan ini perkampungan pertanian ini akan dilaksanakan untuk saat ini surat menyuratnya sudah clear semua dan bisa dijadikan tempat pertanian.

Yansen juga mengatakan bahwa perkampungan pertanian ini masih dikhususkan bagi anggota Gerdayak terlebih dahulu dan tidak menutup kemungkinan masyarakat diluar gerdayak bisa ikut berpartisipasi di perkampungan pertanian agroforestry binaan organisasi ini.

Yansen juga berharap dengan program perkampungan pertanian ini bisa menyangga kebutuhan pangan terutama sayur mayur di Kota Palangkaraya.

” kami setidaknya nanti bisa memberikan subangsih kami untuk dan mungkin bisa menjadi penyangga salah satu kebutuhan pangan kita misalnya sayur-sayuran mungkin saat ini masih kita datangkan dari luar Palangka Raya, setidaknya nanti kami turut membantu mewarnai istilahnya memenuhi kebutuhan pangan kita” katanya menambahkan.

Selain pertanian, program ini juga akan menyasar ke peternakan dan perikanan lanjut yansen lagi.

Yansen berharap pemerintah mau membantu program perkampungan pertanian ini 

“Tentu saja kita mengharapkan dukungan pemerintah tentang legalitas dan juga dukungan dukungan stimulan apakah itu berupa bibit, atau berupa alsintan, jadi kami berharap ada suatu desa yang berwajah pertanian dan perkebunannya berupa agrowisata dan kami meminta doanya dari masyarakat agar hal ini bisa terwujud,” pungkasnya mengakhiri

Wanatani atau agroforestry adalah suatu bentuk pengelolaan sumber daya yang memadukan kegiatan pengelolaan hutan atau pohon kayu-kayuan dengan penanaman komoditas atau tanaman jangka pendek, seperti tanaman pertanian

Di acara tersebut Ketua DPP Gerdayak Drs Yansen Binti bersama jajarannya mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1442 H kepada seluruh masyarakat Kalteng yang melaksanakannya.

Acara ini tetap melaksanakan protokol kesehatan covid-19 secara ketat dengan menerapkan 4M.
( red Jurnal88 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *