H. EDY PRATOWO, S. Sos. M.M SERAHKAN BANTUAN SOSIAL TUNAI (BST) SECARA SIMBOLIS

oleh -236 views

Pulang Pisau – Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo.,S.Sos.,M.M menghadiri dan sekaligus melakukan penyerahan simbolis bantuan pada acara Lounching Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Terdampak Covid-19 tahun 2020, bertempat di Kantor Pos Pulang Pisau, Rabu (13/05/2020).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Pj. Sekretaris Daerah Kab Pulang Pisau Ir. Saripudin, Dandim 1011/Klk Letkol. Inf Ary Bayu Saputro.,S.Sos., Kajari Pulang Pisau Triono Rahyudi.,S.H.,M.H., Wakapolres Kompol Roni Wijaya, serta Kepala OPD terkait.

Dalam laporannya Kepala Dinas Sosial Drs. Eknamensi Tawun menyampaikan pelaksanaan BST ini adalah untuk pembayaran Bantuan bulan April yg disalurkan melalui Kantor Pos.

“Jumlah penerima BST Kabupaten Pulang Pisau berjumlah sebanyak 7.381 KK, yg didapat dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta dari Usulan Desa dan Kelurahan” ungkap Kadis Sosial.

Kadinsos menambahkan Bantuan diberikan melalui 2 agen penyalur yaitu Bank Himbara (BRI, BNI) dan PT Pos Persero Indonesia, dengan rincian jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yaitu untuk penyaluran melalui BRI 220 KPM, BNI 30 KPM dan 7.131 KPM melalui PT Pos Indonesia.

Sementara itu Bupati Pulang Pisau dalam sambutannya menyampaikan, Bantuan Sosial Tunai ini adalah Bantuan berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu dan keluarga rentan yang terkena dampak wabah Covid-19, dengan besaran nilai bantuan yang diberikan sebesar Rp 600.000 per Keluarga per Bulan selama 3 Bulan terhitung sejak Bulan April sampai dengan Bulan Juni 2020.

“Saya berharap bantuan ini dapat berguna membantu meringankan beban masyarakat,” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan, Pemerintah berusaha dengan maksimal untuk menghadapi penyebaran wabah covid-19 serta berusaha mengatasi dampak yang ditimbulkan dari Covid-19.

“Masyarakat tetap bersabar, yakinlah Pemerintah akan terus bekerja dan berupaya untuk mengatasi wabah Covid-19 serta membantu masyarakat yang terdampak, namun Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri, perlu juga peran masyarakat untuk dapat turut membantu, dengan tetap mengikuti Himbauan pemerintah terkait penerapan Protokol Kesehatan, sehingga harapannya wabah Covid-19 bisa segera berlalu” ungkap Bupati

Bupati menjelaskan bahwa Masyarakat yang memang berhak menerima Bantuan namun dalam BST ini belum terakomodir, maka nantinya akan dimasukkan dalam program bantuan BLTD, dengan catatan sesuai dengan klasifikasi yang memang berhak menerima bantuan.

Bupati juga menghimbau agar masyarakat tidak termakan isu-isu diluar yang tidak jelas kebenarannya.

“Masyarakat, bila memang ada permasalahan atau mendapat informasi agar jangan langsung termakan isu tersebut, silahkan tanyakan ke Desa maupun Kecamatan setempat untuk mendapat informasi yang benar,” tandasnya.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terus bekerja dalam mengatasi pandemi wabah covid-19.

“Selalu berdoa semoga wabah covid-19 bisa segara berakhir, dengan semangat Handep Hapakat, bersama kita lawan covid-19, Bisa.” ungkap Bupati. (erik/tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *