H. SUGIANTO SABRAN SERAHKAN BLT BAGI 3.012 WARGA TERDAMPAK COVID-19 DI KABUPATEN GUNUNG MAS

oleh -318 views

KUALA KURUN,(jurnal88)

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat Kabupaten Gunung Mas yang terdampak COVID-19 (virus CORONA) di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Gunung Mas, Kuala Kurun, Jumat (29/05/2020) sore.

Bantuan sosial BLT senilai total Rp 1,506 miliar secara simbolis diserahkan oleh Gubernur Sugianto Sabran kepada Bupati Gunung Mas Jaya S. Monong, yang dilanjutkan dengan penyerahan kepada 5 orang perwakilan warga penerima manfaat. BLT tersebut nantinya akan disalurkan kepada 3.012 Kepala Keluarga (KK), yang tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Gunung Mas, masing-masing Rp 500 ribu.

Dalam sambutanya, Gubernur Sugianto menyatakan, penyaluran bantuan bagi masyarakat terdampak COVID-19 merupakan kewajiban moral dan panggilan tugas. Gubernur telah terjun langsung ke berbagai kalangan masyarakat di perkotaan, bahkan ke pelosok daerah di Provinsi Kalimantan Tengah, dan merasakan betul dampak pandemi Corona terhadap sendi perekonomian masyarakat.

Untuk itu, Gubernur telah mengambil langkah-langkah penanganan COVID-19, yaitu: pertama, menyangkut keselamatan dan kesehatan masyarakat Kalimantan Tengah; kedua, mengenai dampak ekonomi; dan ketiga, mengenai pembentukan jaring pengaman sosial dan penanganan dampak sosial.

Pemerintah Provinsi juga telah melakukan refocusing dan realokasi anggaran guna penanganan COVID-19. Upaya tersebut menurut Gubernur merupakan jaminan bahwa pemerintah hadir di tengah masyarakat Kalimantan Tengah. Anggaran yang disediakan untuk memberi kepastian di bidang keselamatan dan kesehatan masyarakat, salah satu nya untuk membeli 1 juta masker, alat PCR yang bisa melayani 46 orang/pasien dengan lebih cepat dan tidak tergantung pada RS lain di luar provinsi. Pemprov juga berupaya memperketat wilayah perbatasan dengan provinsi lain untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Saya sadari mungkin saja ada keluarga yang belum mendapatkan bantuan sosial, baik yang bersumber dari dana APBN maupun APBD, untuk itu saya instruksikan kepada instansi terkait bersama Babinkamtibnas dan Babinsa di berbagai pelosok Kalteng untuk secara seksama menelusuri kembali keluarga-keluarga yang terdampak covid -19 dan belum mendapatkan bantuan, untuk segera didata agar bisa mendapatkan bantuan sosial pada kesempatan berikutnya,” tegas Gubernur sambil berpesan agar pelaksanaan pemberian bantuan ini dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku dan berdampingan dengan aparat penegak Hukum dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Selanjutnya Gubernur tak lelah mengimbau masyarakat Kalteng untuk selalu patuh dan dengan penuh kesadaran menjalankan semua protokol kesehatan yang telah disosialisasi dan diedukasikan, antara lain untuk selalu rajin cuci tangan, selalu menggunakan masker, jaga jarak, jangan bersalaman, makan makanan bergizi, dan konsisten melakukan social dan physical distancing.

Turut hadir mendampingi Gubernur dalam penyerahan BLT tersebut, diantaranya anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran, Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing, dan sejumlah anggota FORKOPIMDA Kabupaten Gunung Mas, perwakilan PT BANK KALTENG di Kabupaten Gunung Mas, dan para tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

Dalam perjalanan pulang, Gubernur Sugianto menyerahkan 6.000 masker untuk dibagikan kepada masyarakat Gunung Mas, bertempat di Masjid Nurul Yaqin, yang diterima oleh ketua MUI Gunung Mas H. Fahmi. Gubernur menyampaikan pesan untuk menjaga kerukunan antarumat beragama dan menggunakan protokol kesehatan dalam beribadah serta selalu mengikuti anjuran pemerintah.

(erikson)
Sumber Humas Sekretariat Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.