Hatsindo launching kan LSP Untuk Sertifikasi Tenaga Ahli SKA dan Terampil SKT

oleh -135 views

Jakarta Jurnal88.co.id -Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Ahli Teknik Kontruksi Indonesia (HATSINDO) Launching kan LSP Hatsindo Indonesian Teknik ” Acara berlangsung di hotel Mulia Senayan Jakarta Pusat pada hari Jum’at (09/04/2021) jam 16.00 – 21.30.wib. dalam kegiatan acara tersebut seluruh tamu dan peserta yang hadir berpakaian yang rapi dan menjaga jarak sesuai protokol kesehatan covid-19.

Dengan tema grand launching LSP Hatsindo Indonesia Teknik yang di hadiri oleh tamu undangan dari berbagai unsur pemerintahan dan swasta seperti Tamu VIP Bapak Ir. Nicodemus Daud M.Si ( Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kemen PUPR), Bapak Adjrun Rachmad, ST. MT mewakili direktorat jenderal kependudukan dan pencatatan sipil kementerian dalam Negeri, Bapak Ir. Taufik Widjoyono, Msc (Ketua LPJK), Bapak Ir. Ludy Eqbal Almuhammadi (Ketua Bidang I LPJK) , Bapak Kunjung Masehat ( Ketua BNSP), Bapak Iwan Supriyadi BSCE,MT
(Wkl.direktur Bidang Kerjasama Politeknik Negeri Jakarta), Bapak Sugeng Raharjo (Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi KAN). Serta tamu undangan ketua dan pengurus DPD Hatsindo seluruh Indonesia.

Dalam keterangannya bapak Supai M Noor, yang saat ini memegang jabatan di LSP senagai komisaris dan anggota pengarah di pusat mengatakan “Hatsindo yang terakreditasi sesuai aturan PUPR bergerak di bidang jasa profesi khusus mengeluarkan sertifikat tenaga keahlian SKA dan tenaga terampil SKT dan saat ini sudah mempunyai anggota ribuan yang berada di seluruh Indonesia.”ungkapnya.

Lebih lanjut Harapan saya selepas acara loancing nya LSP hatsindo ini kawan kawan yang berada di seluruh Indonesia khusus ketua ketua DPD hatsindo “agar mempersiapkan diri dalam menghadapi sistem aplod digital dalam proses pembuatan sertifikat tenaga ahli dan terampil agar bisa lebih terdepan secar profesional dan saat ini kami selaku pengurus pusat sudah memenuhi apa saja yang menjadi tahapan tahapan yang menjadi tanggung jawab pusat, “Saat ini LSP Hatsindo sudah mendapatkan respon positif dari BNSP untuk mendapatkan lesiensi berdasarkan surat apresiasi online terhadap LSP Hatsindo menuju lesiensi dengan nomor B.137/BNSPIII/2021 d Jakarta, kata Supai M. Noor.

Lebih lanju ” Untuk menjawab tantangan tersebut pada hari ini tanggal 9 April 2021 Himpunan Ahli Teknik
Konstruksi Indonesia (HATSINDO) yang didukung oleh segenap Instansi terkait yang diantara
nya dari Kementerian PUPR, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Badan Nasional
Sertifikasi Profesi (BNSP) serta dari masyarakat jasa konstruksi, Meluncurkan LEMBAGA
Sertifikasi dan
SERTIFIKASI PROFESI HATSINDO INDONESIA TEKNIK yang bertujuan melakukan
Uji Kompetensi kepada para tenaga kerja konstruksi di seluruh wilayah Indonesia
dan juga turut andil dengan segenap upaya dan daya untuk mensukseskan program-program
pemerintah pada sektor konstruksi dalam menyongsong perkembangan era konstruksi di
Indonesia menuju Indonesia kearah yang lebih baik.

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi untuk proses
sertifikasi dan uji kompetensi, Lembaga Sertifikasi Profesi Hatsindo Indonesia Teknik menjalin
kerjasama dengan Tempat Uji Kompetensi (TUK) dari berbagai pihak di seluruh wilayah Indonesia
yang diperkuat dengan melakukan Memorandum of Understanding (Mol) dengan pihak-pihak
terkait “Sebagai tahap awal LSP Hatsindo Indonesia Teknik sedang melakukan Nota Kesepakatan
Bersama (NKB) dengan Politeknik Negeri Jakarta terkait kerjasama Tempat Uji Kompetensi
(TUK) dan tidak menutup kemungkinan LSP Hatsindo Indonesia Teknik menjalin kerjasama
dengan Politeknik-Politeknik dan juga dengan balai-balai Latihan Kerja serta balai-balai Jasa
Konstruksi di seluruh Indonesia,

Dengan berdirinya Lembaga Sertifikasi Profesi Hatsindo Indonesia Teknik diharapkan dapat
menjawab semua tantangan tersebut dengan menghasilkan tenaga kerja – tenaga kerja khususnya
dibidang Jasa konstruksi yang kompeten, terlatih, bermutu, berkualitas, dan professional.
Dibuktikan dengan Sertifikat Kompetensi Kerja yang diperoleh melalui uji kompetensi secara
sistematis dan obyektif sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)
sehingga mampu memiliki daya saing yang tinggi menuju masyarakat Indonesia yang Maju, Kuat
dan Sejahtera.”Ungkap Supai

Berdasarkan hal tersebut kami menghimbau kepada seluruh pengurus DPD Hatsindo se Indonesia agar mempersiapkan diri dalam menjalan sistem yang sudah diatur oleh pemerintah dan asosiasi terakreditasi salah satunya di daearah harus membentuk tim uji komptensi dan mempersiakan tempat pelaksanaannya.”tutupnya.

Ditempat yang sama ketua DPD Hatsindo Provinsi Kalimantan Tengah “Didik Darmadik, ST mengatakan kepada wartawan media bahwa acara launching LSP Hatsindo Teknik Indonesia, ini merupakan suatu kebanggaan yang tak terhingga bisa hadir di acara yang sangat spektakuler ini dengan menghadirkan orang orang yang sangat berpengaruh di pemerintahan dan swasta yang bergerak dalam bidang jasa profesi dan jasa kontruksi di Indonesia

“Saya pribadi mewakili pengurus DPD Hatsindo Kalimantan Tengah sangat bangga bisa bergabung dengan asosiasi profesi yang sudah terakriditas oleh pupr dan siap meluncurkan penerbitan sertifikat Keahlian dan Terampil yang nantinya sangat di butuhkan oleh kontraktor dan konsultasi yang bergerak di bidang jasa kontruksi seluruh Indonesia. Dan dengan adanya LSP hatsindo Teknik Indonesia yang lebih duluan me launchingkannya dan memenuhi segala persyaratan untuk bisa menerbitkan Sertifikat SKA dan SKT yang nantinya sertifikat tersebu akan di gunakan oleh para kontraktor untuk kelengkapan dalam kepengurusan sertifikasi badan usaha (SBU) perusahan CV maupun PT yabg bergerak di bidang jasa kontruksi.”ungkapnya.

Kami selaku pengurus DPD Hatsindo Provinsi Kalimantan Tengah, sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan dengan asosiasi lain yang terakreditasi juga di PUPR dalam kesiapan uji kompetensi untuk calon tenaga ahli dan terampil yang ada di Kalimantan Tengah, dengan bekerjasama dengan instansi terkait seperti universitas teknik yang ada dan mempersiapkan tempat untuk pelaksanaan acara pelatihannya juga serta menyiapkan tenaga tenaga handal di administrasi lainnya.”Kami yakin dengan launching nya LSP Hatsindo Teknik Indonesia yang dilaksanakan di hotel yang mewah dan ternama di Jakarta pusat akan menjadi bukti bahwa LSP Hatsindo tidak main main dalam kegiatannya dan saya yakin Hatsindo akan selalu terdepan dalam bidang pembuatan jasa sertifikat tenaga Ahli dan Terampill.”Tandasnya.

( red Jurnal88 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *