HINDARI BANJIR PEMERINTAH BANGUN SALURAN PRIMER DI JALAN A YANI

oleh -195 views


Muara Teweh Jurnal88.co.id -Dinas PUPR Barito Utara Kalteng survei lokasi rawan banjir di sebabkan curah hujan cukup tinggi, guna mengantisipasi dan menanggulangi dampak banjir dari luapan air sungai Bengaris di daerah pemukiman warga di Jalan A Yani Muara Teweh.

Kepala Dinas PUPR Barito Utara M Iman Topik tema sesuai dengan Bupati Barito Utara H Nadalsyah kemarin usai peninjauan lokasi memerintahkan kepada Dinas PUPR agar membangun gorong-gorong di Jalan A Yani Muara Teweh.

“Kita langsung turunkan alat berat excapator ke lokasi untuk membuat lobang gorong-gorong. Pembuatan gorong-gorong ini agar air bisa keluar dan tidak menggenangi pemukiman rumah warga. Saat ini parit yang ada ukurannya tidak mampu menampung udara, “kata Iman Topik, Rabu (24/3/2021).

Dikatakan Topik, gorong-gorong yang ada saat ini tidak mampu menahan intensitas curah hujan yang cukup tinggi. “Jadi kita bangun lagi satu gorong-gorong yang lebih besar dari yang sebelumnya. Dalam pembuatan saluran air ini kita sudah mendapatkan izin dari pemilik lahan (tanah), ”kata Topik

Topik juga mengharapkan pekerjaan pembangunan drainase / gorong gorong ini berjalan dengan lancar sesuai dengan waktu yang ditentukan dan dapat dirampungkan semaksimal pekerjaannya,

Sebelumnya Bupati Barito Utara H Nadalsyah bersama Sekda H Jainal Abidin, Kadis PUPR M Iman Topik, Kalak BPBD H Gazali Mantalatua dan Direktur RSUD Muara Teweh drg Dwi Agus Setijowati turun ke lokasi pemukiman warga yang terdampak banjir luapan sungai Bengaris.

Pada tinjauan pertama di Jembatan Jalan Jendral Sudirman, dimana Bupati memastikan pompa air yang terpasang berfungsi. Pompa air yang terpasang untuk memperlancar luapan air anak Sungai Bengaris, sehingga perumahan disisi jembatan sepanjang hulu anak sungai tidak mengalami banjir.

Saat pengecekan, pompa yang berfungsi dengan baik sehingga arus sungai mengalami kenaikan debit aliran udara dengan lancar. Semoga dengan ini, pemukiman penduduk tidak mengalami banjir, “harap H. Nadalsyah.

Bupati Nadalsyah dengan berjalan kaki melanjutkan pengecekan luapan udara di Jalan A Yani disekitar kantor BPS Barito Utara. Saat peninjauan, tim BPBD dan Polres Barito Utara sedang melakukan penyedotan air yang meluap ke jalan.

“Ada dua rumah yang terendam banjir, saat ini kita perintahkan Kadis PUPR untuk dapat membuat jalur air (drainase / gorong-gorong) yang lebih besar dari yang ada saat ini,” kata H Nadalsyah.

Nadalsyah juga meminta maaf kepada warga masyarakat yang nantinya pada tanah yang dimilikinya terkena jalur udara, untuk tidak meminta ganti rugi. “Hal ini untuk mendapatkan kita bersama juga, mohon mengikhlaskan untuk pembuatan jalur air,” harap H Nadalsyah.
( red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.