JASDAM XII/TANJUNG RUTIN BERSEPEDA TCC WADAH PENGGEMAR SEPEDA MENUJU PRESTASI

oleh -53 views

Pontianak Jurnal88.co.id – Jasmani Kodam XII/Tpr menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan dan kesegeran personel Kodam XII/Tpr. Sebagai penanggung jawab kesegaran jasmani personel, maka Jasdam rutin menyelenggarakan olahraga bersama.

Salah satunya adalah dengan rutin menggelar gowes bareng. Kegiatan ini diwadahi langsung oleh Tanjungpura Cycling Club (TCC). Anggota TCC sendiri rutin gowes seminggu 3 kali, yaitu pada Selasa, Rabu, dan Jumat.

Dalam gowes yang dipimpin langsung oleh Kajasdam, Kolonel Inf Rudi A. Rachman yang juga Ketua TCC. Ia menjelaskan, kadang kala rute gowes anggota TCC menerabas wilayah yang cukup ekstrim.

“Pernah menggunakan Mountain Bike (MTB) atau sepeda gunung, kami menjelajahi wilayah perkebunan sawit. Namun, sering juga keliling jalanan Kota Pontianak dengan sepeda balap,” paparnya.

Kajasdam menjelaskan, Gowes TCC selalu diawali dengan pemeriksaan kesehatan dilanjutkan dengan senam pemanasan yang diikuti seluruh peserta gowes.

“Kadang kala, rata-rata fun bike menempuh jarak kurang lebih 30 Kilometer. Pangdam XII/Tpr juga selalu tampil terdepan diikuti para goweser, yang tampak menikmati suasana dan rute yang dilalui. Tak jarang, pucuk pimpinan di Kodam XII/Tpr ini juga menyapa masyarakat yang ditemui di sepanjang rute gowes,” kata Kolonel Inf Rudi.

Selain rutin gowes dengan jadwal seminggu tiga kali, lanjur Kajasdam, Gowes yang dilakukan juga untuk mengisi waktu libur. Tujuannya untuk menjaga kebugaran tubuh.

“Kaitannya dengan situasi saat ini dimana masih berlangsung pandemi. Jadi bersepeda sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh yang sangat penting untuk dijaga di saat-saat seperti ini agar tidak mudah terserang virus dan penyakit,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, fun bike dan gowes bersama juga sebagai sarana membangun silaturahmi dan hubungan emosional di antara sesama Prajurit Kodam XII/Tpr.

“Dengan silaturahmi yang selalu terjaga akan terbangun hubungan emosional dan jiwa korsa, yang tentunya akan membantu dalam pelaksanaan tugas pokok di satuan,” kata Kajasdam.

Tanjung pura Cycling Club atau TCC, secara resmi dikukuhkan oleh Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, pada acara Welcome Dinner dan Deklarasi Peresmian Club Sepeda (Army Cycling Club) TNI AD dan Kotama/Balakpus di Gedung Balai Kota, Jalan Belakang Balok, Bukit Tinggi, Sumatera Barat, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersama Pangdam I/BB dan para jenderal lainnya secara langsung menerima penyerahan piagam peresmian dari Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman.

TCC yang merupakan bagian dari Army Cyling Club menjadi wadah pencinta olahraga bersepeda. Hobi bersepeda di Kalbar, bisa dilanjutkan bersama TCC.

“Tentunya, dengan rajin berolahraga sepeda, bisa mencetak prestasi dan melahirkan atlet prestasi balap sepeda Kalbar, pungkas Kajasdam.

Lanjutnya, Olahraga sepeda tidak terlepas dari wisata, karena dengan bersepeda, banyak objek wisata yang menarik yang bisa kita lihat. Dengan bersepeda maka akan memperkenalkan destinasi wisata.

( Red JURNAL88 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *