JASDAM XII/TANJUNGPURA AJAK MASYARAKAT GIAT BEROLAHRAGA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

oleh -44 views

Pontianak JURNAL88.co.id – Jajaran Jasmani Militer (Jadam) XII/Tanjungpura, terus mensosialisasikan cara menjaga imun tubuh melalui olahraga secara teratur. Hal ini dikarenakan situasi dan kondisi yang masih dihantui pandemi Civid-19.

Salah satu olahraga yang mudah dan nyaman dilakukan adalah senam militer. Senam ini dikenal dengan nama Senam Les Mills (Body Combat). Senam ini diperkenalkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa.

Dan kini, Senam Les Mills, menjadi salah satu olahraga yang diselenggarakan d jajarann TNI AD hingga ke satuan terbawah.

Menurut Kepala Jasdam (Kajasdam) XII/Tpr, Kolonel Inf Rudi A. Rachman, Senam Les Mills ini mudah dilakukan, namun punya manfaat yang sangat besar.

“Senam Les Mills, merupakan senam yang berasal dari Auckland, Selandia Baru. Yang merupakan penggabungan dari berbagai macam ilmu beladiri. Saat ini telah populer, terutama di jajaran TNI AD,” kata Kajasdam XII/Tpr.

Senam Les Mills ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan dan kebugaran. Apalagi bila dilakukan secara rutin. Senam ini amat bermanfaat dalam membakar lemak, pengencangan, dan pembentukan otot, juga untuk kesehatan jantung.

“Gerakkan senam Les Mills ini melibatkan seluruh bagian tubuh dari telapak tangan, lengan, perut, paha, betis, telapak kaki, hingga punggung kaki. Menurutnya senam ini dapat membakar lemak sebanyak 500–700 kalori setiap sesi latihan,” papar Kolonel Inf Rudi A. Rachman.

Kini, lanjutnya, Senam Les Mills tidak hanya dilakukan oleh kalangan TNI AD saja, namun telah diperkenalkan ke seluruh masyarakat Indonesia. Di Kota Pontianak, Jasdam XII/Tpr telah mensosialisasikannya beberapa waktu lalu.

“Adapun tujuan dari dikenalkannya Senam Les Mills oleh Kodam kepada masyarakat adalah untuk mengajak warga hidup sehat melalui olahraga. Senam Les Mills dipilih sebab gerakannya yang mudah diingat, dapat diikuti setiap lapisan masyarakat, serta tidak memerlukan tempat khusus,” katanya.

“Tidak hanya kali ini saja, Senam Les Mills ini akan kami kenalkan kepada masyarakat secara rutin beberapa waktu lalu,” lanjut Kajasdam.

Kajasdam menjelaskan, saat ini olahraga adalah kebutuhan dalam rangka menjaga kesehatan dan imun tubuh. Terlebih dalam situasi pandemi seperti saat ini, olahraga sangat penting sekali untuk meningkatkan imunitas tubuh kita, yang tentunya, juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat dengan cara makan bergizi, istirahat dan tidur secara teratur.

Selain tujuan utamanya untuk mempertahankan kebugaran dan menjaga fisik personel agar tetap prima, lanjutnya, olahraga secara rutin di Kodam XII/Tpr, bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan dan ajang silahturahmi antara pimpinan dengan anggotannya.

“Melalui olahraga bersama ini kita juga ingin membangun rasa kekeluargaan Keluarga Besar Kodam XII/Tpr, sehingga ke depan semakin solid serta tumbuh semangat kerja guna mendukung dalam pelaksanaan tugas pokok,” pungkas Kajasdam.

( Red JURNAL88 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *