Kabid Humas Polda Papua Lakukan Asistensi dan Peningkatan Management Kehumasan Polri di Polres Jayawijaya

oleh -218 views

JAYAPURA.(jurnal88)

Bertempat di Mapolres Jayawijaya telah dilaksanakan kunjungan kerja oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal, S.H dalam rangka Asistensi dan Peningkatan Management Kehumasan Polri di lingkungan Polres Jayawijaya, Polres Lanny Jaya, Polres Mamberamo Tengah dan Polres Tolikara, Rabu (21/10/2020).

Turut hadir dalam kegiatan Kabag Sumda Polres Jayawijaya Kompol Agus Hariadi, S.Sos, Kapolsek Wamena Kota AKP Agus Kuswanto, SH, para Kasat, Kasubbag serta personel perwakilan dari Polres Tolikara, Polres Mamberamo Tengah, Polres Lanny Jaya dan personel Polres Jayawijaya berjumlah 30 Orang.

Dalam kesempatannya Kabid Humas Polda Papua mengatakan, pada kegiatan Asistensi dan Peningkatan Management Kehumasan Polri kali akan membahas tentang Strategi Humas Polri dalam pengamanan Pilkada serentak & PON XX 2021, Humas Polri seiring perkembangan jaman perannya semakin meningkat, selaku Kabid Humas Polda Papua tentunya mempunyai kewajiban untuk mensosialisasikan peran kehumasan.

“Pengertian Humas sendiri adalah Hubungan Masyarakat, peran Humas Polri yang utama adalah membangun citra positif Kepolisian di tengah masyarakat dalam menjaga Harkamtibmas, menerapkan manajemen media yang terintegrasi dan terpercaya, menjaga hubungan baik yang konsisten antara Polri dengan pihak media,” ujar Kabid Humas Polda Papua.

Kabid Humas Polda Papua juga menambahkan tentang Misi Humas Polri yaitu membangun sistem pelayanan informasi publik terkait Kepolisian Republik Indonesia dan mewujudkan manajemen media yang modern, akuntabel, dan terpercaya, sasaran strategis Humas Polri yaitu terwujudnya citra Polri yang positif, terwujudnya layanan informasi Kepolisian, peningkatan pengelolahan kerjasama dan penerangan masyarakat, terselenggaranya pengelolaan informasi dan dokumentasi serta manajemen media yang efektif, terwujudnya SDM Divhumas yang kompeten, meningkatnya pemenuhan Sarpras Divhumas berbasis teknologi dan informasi, tersedianya data dan informasi Divhumas yang handal dan user friendly, terwujudnya good Governance dan clean Government dan terkelolanya anggaran Divhumas yang akuntabel.

“Tentang garis besar Tugas dan Fungsi humas Polda yang bertugas sebagai penyelenggara kegiatan hubungan masyarakat (Humas) di tingkat Polda, mengelola informasi, penyajian data, dokumentasi yang dapat diakses masyarakat, melaksanakan kerja sama, dan melaksanakan Anev kegiatan tugas Bidhumas, dan mengenai struktur organisasi,” ucap Kabid Humas Polda Papua.

Dirinya juga mengatakan bahwa Bid Humas di tingkat Polda memiliki tiga (3) Subdit diantaranya, Subbit Penmas, Subbit Pid, Subbid Mulmed. Humas Polri harus mampu memberikan informasi kepada masyarakat secara cepat, tepat dan akurat, informasi yang disajikan sudah olah dan di desain dalam bentuk Narasi, Meme ataupun Video yang mempunyai esensi agar mudah dipahami oleh masyarakat.

“Selain itu Humas Polri harus mampu bermitra seluas-luasnya, mampu bersosialisasi untuk membantu tugas Humas Polri dalam penyebaran informasi. Tentang Program Prioritas Wujudkan SDM unggul, pemantapan Harkamtibmas, penguatan Gakkum Profesional dan adil, Pemantapan Manajemen Media, penguatan sinergi Polisional, Penataan Kelembagaan, Penguatan Pengawasan,” tutup Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal, S.H.

Dalam Kehumasaan ada Informasi yang dikecualikan, yang berarti bahwa tidak semua informasi bisa serta merta diberikan kepada publik. Informasi yang dikecualikan tersebut ditetapkan melalui proses sidang yang disebut Uji Konsekuensi, dari uji konsekusi bisa tentukan mana informasi yang bisa diberikan kepada publik dan mana yang informasi internal Kepolisian.

Beberapa poin penting yang perlu digaris bawahi yakni, Perkembangan lingkungan strategis, Potensi Kerawanan Pilkada 2020, Tindak Pidana Pilkada Tahun 2015, 2017, & 2018, persebaran isu Hoax 2019, Program Prioritas Kapolri. Dengan Strategi Humas Polri seperti membangun Kemitraan, analisis Media Manajemen hingga memonitoring perkembangan isu yang beredar.(Orlando)

Sumber :
Humas Polda Papua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *