KASUS POSITIF COVID-19 DI KALTENG SUDAH LAMPAUI ANGKA 600

oleh -185 views

PALANGKA RAYA, (jurnal88)

Kasus positif Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) telah melampaui angka 600, yakni mencapai 607 kasus hari ini, Minggu (14/6/2020), atau naik 23 kasus dari hari sebelumnya. Demikian disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng dalam rilisnya pukul 15.00 WIB hari ini.

Sebanyak 23 kasus tambahan tersebut, 11 kasus di antaranya ditemukan di Palangka Raya; 3 kasus masing-masing di Kotawaringin Barat, Pulang Pisau, dan Gunung Mas; serta masing-masing 1 kasus ditemukan di Lamandau, Barito Timur, dan Barito Utara.

Hingga saat ini, terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalteng yang dilaporkan meninggal dunia telah mencapai 35 orang atau bertambah 2 orang dari hari kemarin. Sedangkan yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 238 orang dan masih dalam perawatan sebanyak 334 orang.

Sebanyak 334 pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan tersebut, tersebar di beberapa rumah sakit di Kalteng, yakni RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya 108 pasien, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun 36 pasien, RSUD dr. Murjani Sampit 13 pasien, Karantina Pemda dan RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas 70 pasien, RSUD Puruk Cahu 17 pasien, RSUD Ulin Banjarmasin 1 orang, RS Siloam Palangka Raya 17 pasien, RSUD Mas Amsyar Kasongan 3 pasien, RSUD Jaraga Sasameh Buntok 6 pasien, RSUD Pulang Pisau 5 pasien, RS Kota Palangka Raya 11 pasien, RSUD Muara Teweh 1 pasien, RS Bhayangkara 12 pasien, RSUD Lamandau 11 pasien, RS TNI 7 pasien, Isolasi Mandiri 7 pasien, RSUD Kuala Kurun 4 pasien, RS Betang Pambelum 2 pasien, RSI PKU Muhammadiyah 1 pasien, dan RSUD Tamiang Layang 2 pasien.

Dalam rilis Gugus Tugas Covid-19 Kalteng hari ini juga disebutkan, Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kalteng mencapai 228 orang atau bertambah 2 orang, dengan PDP terbanyak terdapat di Kotawaringin Timur, yakni sebanyak 83 orang.

Berbeda dengan ODP, jumlah Orang Kontak Erat Tanpa Gejala (OTG) justru berkurang signifikan sebanyak 301 orang, yakni dari 1.548 pada hari kemarin menjadi 1.247 pada hari ini. Adapun OTG terbanyak terdapat di Murung Raya, yakni 321 orang.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kalteng juga berkurang, yakni 1 orang, menjadi 87 orang pada hari ini. Sementara itu, tes Reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) hingga saat ini telah dilakukan terhadap 2.697 orang, dengan 607 orang terkonfirmasi positif Covid-19, 753 orang negatif, dan 1.337 orang sisanya sedang diperiksa.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran senantiasa mengingatkan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten/Kota agar terus-menerus memberikan edukasi kepada masyarakat di wilayah masing-masing untuk selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19, apalagi penyebaran Covid-19 di Kalteng mengalami lonjakan cukup tinggi dalam beberapa pekan terakhir, terutama di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kapuas. “Bagaimana kita bisa membiasakan masyarakat disiplin. Pak Bupati hingga para Ketua RT agar jangan lelah edukasi warga, supaya tetap menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan air bersih, serta jaga jarak,” ucap Gubernur Sugianto Sabran.

Gubernur Sugianto pun menegaskan, kedisiplinan seluruh masyarakat Kalteng untuk menaati dan menjalankan protokol kesehatan merupakan faktor kunci keberhasilan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. “Tanpa kesadaran masyarakat Kalimantan Tengah, apapun kerja keras Pemerintah tidak akan mampu. Pemerintah cuma meminta disiplin, mematuhi protokol kesehatan, disiplin diri,” tegasnya.

Di samping meningkatkan sosialisasi tentang protokol kesehatan Covid-19 serta pola hidup bersih dan sehat di tengah pandemi, Pemerintah Provinsi Kalteng bekerjasama dengan berbagai pihak terkait juga telah melakukan pembagian masker secara proporsional di 14 Kabupaten/Kota. Bantuan sosial berupa Sembako atau uang tunai juga telah dan akan disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Bumi Tambun Bungai. (erikson)

Sumber Humas Pemprov Kalteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *