Kembali Demo. Kebun Binatang Surabaya (KBS) Jadi Titik Kumpul Awal Aksi Buruh dan Mahasiswa

oleh -118 views

SURABAYA. (jurnal88)

Massa buruh dan mahasiswa  Jawa Timur (Jatim) kembali menggelar aksi demo tolak Omnibus Law. Massa akan melaksanakan aksi demo selama empat hari berturut-turut mulai Selasa 20 Oktober sampai Jumat 23 Oktober 2020.

Kabar rencana unjuk rasa tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di Surabaya juga beredar di grup-grup WA yang bertuliskan, Gerakan Tolak Omnibus Law (GETOL) akan kembali menggelar aksi menuntut pencabutan UU Cipta Kerja yang dianggap merugikan buruh.

Aksi kembali digelar karena rasa kekecewaan penolakan Omnibus Law tidak mendapat respons. Sasaran demonstrasi yang dituju adalah Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo, Kota Surabaya. Massa berdemo akan berkumpul di Kebun Binatang Surabaya (KBS) sekitar pukul 12.00 WIB dan kurang lebih ada 3.000 massa.

“Aksi ini akan terus kami gelar sampai Presiden Jokowi mengeluarkan Perppu untuk membatalkan Omnibus Law ini,” kata Wakil Ketua DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jatim,  Nurudin Hidayat. Senin (19/10/2020).

“Dari KBS selanjutnya kita bergerak ke long march Gedung Negara Grahadi, sebagai tujuan sasaran terakhir,” lanjutnya.

Aksi ini melibatkan puluhan elemen masyarakat seperti KSPI, KASBI, FSPMI, FSP KEB KSPI, KP SPBI, SPN, FBTPI KASBI, LBH Surabaya, GMNI, Walhi, IMM, Untag Bergerak, DEMA FTK UINSA, Aliansi Mahasiswa Unair, dan beberapa elemen lainnya.

Agar aksi tidak disertai tindakan perusakan, pihaknya juga sudah melakukan berbagai antisipasi. Salah satunya mewajibkan peserta aksi menggunakan atribut organisasi masing-masing.

“Untuk buruh ya pakai seragam buruh. Sedangkan teman-teman mahasiswa menggunakan almamater. Ini untuk mencegah munculnya penyusup,” katanya.(Fadhil)

Sumber : Humas Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *