Kunjungi Desa Pantang Mundur, Kapolda Kalteng Mengapresiasi dan Serahkan Bantuan

oleh -131 views

Palangka Raya, (jurnal88)

Kampung Pantang Mundur yang diinisiasi oleh Polsek Pahandut jajaran Polresta Palangka Raya, hari ini mendapatkan kunjungan dari Kapolda Kalteng, Kamis (11/6/2020) siang.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si., M.M bersama rombongan menyambangi Kampung Pantang Mundur yang terletak di Jl. Menteng XII dan Jl.G.Obos X, Kel.Menteng Kec.Jekan Raya Kota Palangka Raya.

Berdirinya Kampung Pantang Mundur ini dalam rangka menyiapkan masyarakat pedulii terhadap Covid-19, pencegahan Karhutla dan ketahanan pangan.

“Disamping itu, Desa Pantang Mundur ini kami siapkan untuk mengikuti Lomba Desa Pantang Mundur dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-74,” terang Kapolsek Pahandut Kompol Edia Sutaata, S.H., M.H saat mendampingi Kapolda bersama Kapolresta Palangka Raya.

Lomba tersebut diadakan oleh Polda Kalteng yang merupakan gagasan langsung dari Kapolda Kalteng dengan tujuan mengembangkan kearifan lokal yang ada di Kalimantan Tengah.

“Ada tiga kategori Lomba Desa Pantang Mundur, yaitu 1. Lewu milang atau Pelep Apui (Desa lawan api/Karhulta). 2. Lewu losok parei (Desa lumbung pangan ketahanan pangan). 3.,Lewu tolak peres corona atau desa melawan corona,” beber Edia.

Kampung Pantang Mundur ini merupakan binaan dari Kapolsek Pahandut beserta Bhabinkamtibmas Kel. Menteng yang mana sudah dilengkapi dengan fasilitas yang menjadi kriteria dalam penilaian Lomba Desa Pantang Mundur.

“Ada sarana untuk mencegah Karhutla, budidaya tanaman sebagai upaya ketahanan pangan; dan sarana pencegahan penyebaran Covid – 19,” tambahnya.

Dalam kunjungannya, Kapolda Kalteng mengapresiasi kesiapsiagaan dan kemandirian masyarakat dalam mendirikan Desa Pantang Mundur. Selain memberikan apresiasi, Kapolda juga menyerahkan bantuan sosial kemanusiaan secara simbolis kepada Ketua RT 06.

Usai mengunjungi Desa Pantang Mundur di Jl. Menteng XII, Kapolda beserta rombongan mengunjungi Desa Ketahanan Pangan di Jl. G. Obos X.

“Kapolda sangat mengapresiasi kemandirian masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini dan dapat survive dengan budidaya tanaman,” tukasnya. (erikson)

Sumber Humas Polda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *