Penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi di kawasan taman kuliner Tunggal Sangomang di ujung Jalan Yos Sudarso Palangka Raya.

oleh -122 views

PALANGKA RAYA.(jurnal88)

Sebagai upaya pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di tempat yang berpotensi adanya kerumunan, Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 melakukan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi di tempat-tempat keramaian, salah satunya di kawasan taman kuliner Tunggal Sangomang yang terletak di ujung Jalan Yos Sudarso Palangka Raya.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 H. Darliansjah melalui Anggota Bidang Perubahan Perilaku Noor Aswad menyampaikan, “Di kawasan taman kuliner Tunggal Sangomang, hari ini kawasan tersebut dilakukan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi, karena di daerah kawasan tersebut merupakan tempat berkumpulnya orang, melakukan aktivitas kuliner,” ucapnya kepada Tim Informasi dan Publikasi, Jumat (1/1/2021). 

Saat ditemui oleh Tim Informasi dan Publikasi, pemilik Asmin Cafe Menteng Asmin menyampaikan, ”Sebagai upaya pencegahan agar saya dan karyawan cafe tidak tertular Covid-19 adalah konsisten menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah. Penerapan protokol kesehatan wajib 4M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan) sehingga menjadi kebudayaan baru di masyarakat dalam rangka hidup berdampingan dengan Covid-19,” ucapnya.

“Upaya pencegahan selanjutnya adalah saya menyediakan tempat cuci tangan bagi pengunjung cafe, menyediakan Hand Sanitizer di setiap meja, meja dan kursi tidak digabungkan hanya cukup dua kursi dalam satu meja dan bagi pengunjung yang datang tidak menggunakan masker, oleh pihak cafe telah menyediakan masker,” sambungnya.

Sementara itu, pemilik Seafood Sekar Jaya Burban menyampaikan, “Sebagai upaya pencegahan agar tidak tertular Covid-19, saya dan karyawan menerapkan wajib 4M. Salah satunya memberi jarak antar meja dan kursi, dan kepada pengunjung tidak diperbolehkan bergerombol,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama, pemilik Cafe Nyoklat Klasik Denok menambahkan, ”Sebagai upaya pencegahan agar tidak tertular Covid-19, saya menerapkan kepada karyawan untuk taat menerapkan protokol kesehatan wajib 4M, terlebih lagi kepada pengunjung cafe saya. Upaya saya selanjutnya melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara mandiri di lingkungan cafe dan sekitarnya.(Mahrita)

Sumber : MMC Kalteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *