PRESIDEN RI JOKO WIDODO DIDAMPINGI GUBERNUR KALTENG SUGIANTO SABRAN TINJAU LOKASI FOOD ESTATE DI KABUPATEN KAPUAS

oleh -257 views

Palangka Raya, (jurnal88) – Setibanya di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya, Presiden RI Joko Widodo didampingi Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan rombongan langsung terbang dengan menggunakan Helikopter Super Puma H-3204 milik TNI AU menuju Kabupaten Kapuas pada Kamis, 9 Juli 2020. Kunjungan tersebut adalah dalam rangka untuk meninjau lokasi pengembangan food estate atau lumbung pangan nasional di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas,

Sesampainya di Desa Bentuk Jaya, kedatangan Presiden beserta rombongan disambut oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat, yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan. Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo tampak menerima pemaparan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono, yang selanjutnya diteruskan dengan melihat lahan-lahan yang diproyeksikan untuk pengembangan Food Estate dan juga saluran irigasi primer induk UPT A5 di Desa Bentuk Jaya tersebut.

Selanjutnya, di sebuah gubuk tak jauh dari lokasi peninjauan, Presiden tampak berdiskusi sejenak bersama dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono, Gubernur Sugianto Sabran, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Bupati Ben Brahim S. Bahat. Diskusi tersebut membahas mengenai pengembangan kawasan lumbung pangan (Food Estate).

Seperti diketahui dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, lumbung pangan baru di Kabupaten Kapuas direncanakan menempati lahan potensial seluas 20.704 hektare. Dari jumlah tersebut, lahan yang telah fungsional mencapai 5.840 hektare. Secara keseluruhan, ada sekitar 165.000 hektar lahan potensial di Kalimantan Tengah yang diperuntukkan bagi pengembangan kawasan Food Estate tersebut, di mana saat ini terdapat lahan seluas 85.500 hektar merupakan lahan fungsional yang sudah berproduksi tiap tahunnya.

Korporasi petani akan menjadi basis pengembangan kawasan lumbung pangan baru di Kalimantan Tengah yang akan dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. Para petani yang menggarap lahan dan peternakan itu selanjutnya akan terkonsolidasi dalam kelompok-kelompok tani, dengan terlebih dahulu difasilitasi baik sarana maupun prasarana serta pendukung lainnya.

Selepas kunjungan di Kabupaten Kapuas tersebut, Presiden Joko Widodo beserta rombongan dijadwalkan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Pulang Pisau dengan menggunakan kendaraan jalur darat, untuk melakukan peninjauan ke lokasi lahan Food Estate lainnya yang berada di Kabupaten Pulang Pisau, tepatnya di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, dan sekaligus meninjau lokasi padat karya irigasi P3-TGAI. (Er)

Sumber Humas Pemprov Kalteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.