SUMBER DAYA ALAM TERKURAS DAMPAK MARAKNYA GALIAN C YANG MENIMBULKAN KERUSAKAN LINGKUNGAN

oleh -141 views

PALANGKARAYA.(jurnal88)

Maraknya Pertambangan Pasir di kota Palangkaraya yang di duga tanpa memiliki ijin membuat kerusakan hutan dan lahan semakin rusak hingga tidak mampu terkendali.

Hal ini membuat banyak nya pendapatan asli daerah (PAD) tidak mampu menyerap pendapatan untuk kontribusi daerah dalam hal pajak.

Apalagi pertambangan Pasir atau Galian C hingga Pertambangan Emas dan Sirkon/Puya aktivitasnya semakin marak yang beroperasi di wilayah Kalteng, dan hal ini sudah menjadi primadona oleh para cukong atau bigbos berkantong tebal sebagai pemodal, akan tetapi keberanian pemodal tidak luput dari perlindungan hukum.

Kami sebagai media kontrol meminta Kapolri melakukan evaluasi untuk menurunkan tim ke basis basis lokasi tambang yang di duga tanpa memiliki ijin tersebut.

Karena Rata rata alat berat yang di sewa untuk mengobrak abrik hutan dan lahan seperti Kota Palangkaraya, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Katingan di duga berasal dari Kalimantan Selatan, dan dari Pendaratan alat berat dari banjarmasin, sedangkan Kalteng hanya menerima ampasnya, akibatnya Jalan Nasional, Jalan Provinsi maupun Kabupaten berdampak pada kerusakan, sedangkan kontribusi dalam pendapatan asli daerah di nilai kecolongan.(TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *