WARTAWAN KALTENG BERSATU TUNTUT KEADILAN UNTUK PRES

oleh -139 views

PALANGKA RAYA, JURNAL88.co.id – Sejumlah organisasi kewartawanan di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar aksi pernyataan sikap terhadap penembakan salah satu wartawan pimpred lassernewstoday.com dan menolak serta mengusut kekerasan terhadap Wartawan, Jum’at (25/6/2021) pagi.

Adapun Dalam beberapa organisasi kewartawanan yang tergabung di aksi solidaritas tersebut untuk menuntut agar tragedi penembakan salah satu wartawan yang terjadi di kabupaten simalungun adalah DPD AWPI, SMSI, PWRI, AJV, dan IPJI.

Kegiatan aksi solidaritas wartawan Kalteng bersatu ini dilaksanakan di Tugu Soekarno Jalan S. Parman Kota Cantik Palangka Raya.

tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menolak dengan adanya premanisme serta kekerasan terhadap wartawan yang terjadi di Sumatera Utara beberapa waktu yang lalu
dimana seorang wartawan media online di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, ditemukan tewas pada Sabtu (19/6/2021) dini hari. Dia diduga ditembak oleh orang tak dikenal (OTK).

Organisasi kewartawanan di Provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai ini tentunya berharap kejadian keji seperti itu tidak terulang lagi dikemudian hari serta berharap kepada pihak berwajib untuk menindak tegas kepada pelaku serta, aktor yang ada di balik kejadian tersebut supaya di kemudian hari tidak ada lagi premanisme dan ancaman yang di berikan kepada kawan-kawan jurnalis yang menjalankan propesi sebagai penyaji berita di media sosial.

Untuk diketahui, Jurnalis yang sering juga disebut PERS adalah Pilar keempat di negara ini, yang mana harus betul-betul menjadi corong masyarakat, dan tidak boleh mempunyai rasa takut serta harus berani bersuara dalam mengungkap fakta serta mencari sebuah kebenaran untuk keadilan.

Begitu pula kendala di lapangan yang dihadapi oleh seorang wartawan tentunya sangat beragam, bahkan sampai mempertaruhkan nyawa.

Namun, seorang Wartawan selaku pencari berita tentu tidak hanya sekedar tahu menulis dan melaporkan suatu kejadian saja. Karena lebih daripada itu, wartawan adalah penyambung aspirasi masyarakat.

Maka dari itu haruslah paham kode etik jurnalistik tentang keakuratan berita, privasi narasumber, pengujian informasi, hak narasumber, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya tidak ada pekerjaan yang mudah. Begitu juga menjadi seorang wartawan, selain dibutuhkan keberanian, jadi wartawan juga butuh komitmen dan passion untuk menyebarkan berita yang akurat dan layak dikonsumsi masyarakat luas. Karena jikalau hanya sekadar melapor tanpa menguji, maka siapapun pasti bisa jadi wartawan.

Pada akhir kegiatan sejumlah Wartawan yang melakukan aksi solidaritas ini membagikan masker kepada para pengguna kendaraan yang melewati ruas Jalan S. Parman Kota Palangka Raya guna membantu pemerintah setempat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 agar kota palangka raya zona aman.
( Red Jurnal88 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.